Bagi sekolah swasta, kegiatan yang harus terlaksana dan rutin adalah promosi. Hidup matinya sekolah swasta, salah satunya adalah promosi atau menjual diri. Mengapa propaganda menjadi salah satu aktivitas yang harus terlaksana, dan mungkin menelan biaya yang paling besar diantara kegiatan lainnya? karena promosi adalah mengail dana, lewat kehadiran siswa baru. Sekolah yang mampu melakukan ajakan calon siswa baru secara optimal, berarti salah satu kaki pendidikan telah terpenuhi, yaitu adanya siswa baru.
Promosi adalah aktivitas pemasaran, agar orang tetarik dengan membeli produk yang kita jual. Kata lain, promosi adalah pengikatan keanggotaan baru untuk bergabung dengan kelompok yang telah kita bentuk. Promosi juga berarti suatu kegiatan untuk meningkatkan prestasi di sekolah.
Prinsip-prinsip dalam melakukan promosi adalah, pertama menarik. Menarik perhatian pembeli menjadi unsur yang harus diutamakan. Cara yang harus ditempuh antara lain mengubah sudut pandang dan tingkah laku pembeli terhadap suatu barang atau jasa. Harapannya, setelah melihat promosi dari sebuah produk, orang lain akan tertarik.
Kedua, Branding. Tujuan promosi adalah untuk branding sebuah produk. Artinya, promosi dilakukan dengan tujuan membentuk citra atau kesan produk atau jasa di benak orang lain sesuai dengan yang diharapkan.
Ketiga, agar mampu bersaing dengan kompetitor yang senada. Persaingan dengan kompetitor merupakan tujuan promosi yang paling sering digunakan oleh berbagai macam usaha. Promosi sangat mampu digunakan untuk menjaga angka pemasukan tetap stabil, walaupun memiliki banyak pesaing dari sebuah bisnis.
Empat. tujuan promosi adalah utamanya untuk mendapatkan keuntungan maksimal atau meningkatkan keuntungan. Apabila pelaku usaha ingin mendapatkan peningkatan keuntungan, tujuan promosi sebelumnya harus sudah tercapai. Lima, mendapatkan calon pelanggan baru. Tujuan promosi adalah untuk memperoleh pelanggan baru. Dengan begitu, tujuan promosi dapat terwujud dengan menjaga pelanggan untuk tetap percaya dengan produk atau jasa, tetapi juga mendapatkan pelanggan baru.
Sekolah memang memerlukan promosi. Sekolah perlu dikenalkan dengan masyarakat sekitar, agar sekolah mendapatkan bibit yang unggul, maka cara melakukan promosi harus cerdas.
Leave a Comment