Projek Penguatan Profil Pemuda Pancasila (P5) merupakan salah satu komponen inti dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 dirancang untuk memperkuat upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap mereka dengan belajar dari teman, guru, dan bahkan orang lain atau masyarakat sekitar. P5 berfokus pada pengembangan karakter dan kompetensi siswa, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan serta mengembangkan keterampilan.
Pada hari Selasa 21 Mei 2024 SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta menggelar hasil karya P5 siswa-siswi kelas VII dan VIII sebagai puncak dari pelaksanaan kegiatan P5 yang bertemakan “Rekayasa Teknologi Untuk Kemajuan NKRI”. Kegiatan tersebut diikuti oleh 21 kelompok dari kelas VII dan VIII. Setiap kelompok mendapatkan satu tema proyek membuat peralatan rekayasa teknologi yang bisa diaplikasikan dan dimanfaatkan. Ada Sembilan tema proyek yang akan dipilih yaitu membuat alat simulasi pendeteksi gempa, alarm pintu sederhana, peniris minyak sederhana, instalasi listrik dengan panel surya, kipas angin tenaga matahari, penyiram tanaman otomatis, penanda bak air penuh, daur ulang kaleng bekas menjadi baterai, generator sederhana dari dinamo. Satu kelompok tidak hanya membuat alat, tetapi juga diberikan tugas membuat poster dan video yang berisikan keterangan bahan-bahan, cara kerja dan manfaat dari alat yang dibuatnya.
Kegiatan P5 sudah dimulai sepekan sebelumnya dari mulai tanggal 14-20 Mei 2024, dan hari Selasa tanggal 21 Mei adalah puncak gelar hasil karya. Pada saat kegiatan gelar karya, setiap kelompok disediakan satu stan meja untuk menggelar dan memajang hasil karyanya, dan mempresentasikan ketika mendapat kunjungan dari tim penilai ataupun dari pengunjung kelompok lain. Hasil karya P5 tidak hanya dipamerkan tetapi juga dilombakan, kelompok yang terbaik akan mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari sekolah. Pemberiaan penghargaan dibagi dalam tiga kategori yaitu kelompok paling kreatif, stan terbaik, dan presentasi terbaik.
P5 tidak hanya menciptakan kreativitas siswa tetapi juga melatih keberanian dan tanggung jawab siswa terhadap tugas-tugas yang diberikan, serta membentuk karakter siswa agar dapat bekerja sama dan berkolaborasi dengan baik dalam kelompoknya masing-masing. Terakhir harapannya dari kegiatan P5, siswa akan lebih aktif dan kreatif dalam berkarya, dan mampu mengembangkan potensi yang ada dalam diri, sehingga mereka dapat meraih prestasi-prestasi dengan karya-karya hebat dan terbaik mereka, yang nantinya akan bermanfaat bagi kehidupannya kelak.
Leave a Comment