spiritual

KEGIATAN PESANTREN RAMADHAN SMP MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat, berkah, dan ampunan Allah SWT. Pada bulan tersebut juga merupakan salah satu media tarbiyah/pendidikan yang diperuntukkan kepada umat beriman untuk melatih dan menempa diri agar lebih baik, menjadi hamba Allah yang mampu mengendalikan hawa nafsu dan dapat mendekatkan diri kepada jalan yang diridhoi dan dirahmati Allah SWT.

Mengacu pada banyaknya keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan, SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta mengisi dan memanfaatkan bulan Ramadhan dengan melatih diri (tarbiyatun-nafs) siswa-siswinya melalui kegiatan positif yaitu kegiatan Pesantren Ramadhan. Kegiatan ini didesain sebagai pembelajaran siswa, memfasilitasi siswa dalam melatih diri pada pembiasaan ibadah, memperdalam dan memantapkan ilmu agama. Harapannya siswa mampu memiliki keistiqomahan dalam beribadah, rajin beramal shaleh secara konsisten yang nantinya akan mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Pesantren Ramadhan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta kelas 7, 8, dan 9 dengan jadwal kegiatan yang berbeda-beda. Kelas 9 dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 20 Maret, kelas 8 pada hari Kamis 21 Maret, dan kelas 7 pada hari Jum’at tanggal 22 Maret 2024. Kegiatan Pesantren Ramadhan ini dimulai dari pukul 14.30-07.00 pagi WIB. Adapun kegiatannya adalah tadarus Alqur’an, tausiyah menjelang berbuka, buka puasa bersama, shalat wajib dan tarawih berjama’ah, materi motivasi, sahur bersama, shalat subuh berjama’ah, tadabbur Al qur’an dan Tafakkur Alam (jalan pagi).

Terakhir semoga kegiatan Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan oleh sekolah setiap tahunnya ini mampu menjadi sarana peningkatan keimanan dan ketakwaan siswa-siswi SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *