spiritual

Songsong Ramadhan 1445 H

Tahun 2024, in sha Allah hari pertama ramadhan bertepatan dengan hari Senin, 11 Maret 2024. Artinya, hari Ahad, 10 Maret 2024 malam, disunahkan untuk melaksanakan sholat Tarawih. Semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari tahun lalu. Amien.

SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta, seperti tahun-tahun yang lalu, memasuki bulan Ramadhan 1445 H, diselenggarakan kegiatan songsong Ramadhan. Kamis, 29 Februari 2024 telah dilaksanakan kegiatan tersebut. Acara yang telah terlaksana adalah: Sholat Dhuha berjamaah, dzikir, tadarus dan tausiah.

Bapak Erfin Widyanto, S.IP, selaku Kepala Sekolah memberi advis kepada semua siswa agar :

  1. Selalu bersyukur. Sebagian tubuh kita, yaitu panca indera, apabila direnungkan dengan seksama, maka kita akan mengucapkan syukur yang tak berhingga kepada sang pencipta. Allah swt, selalu memberikan yang terbaik kepada manusia, yang bersifat jasmani maupun rokhani. Ketika kita mendapatkan sesuatu dari Allah karena kerahmatan-Nya, wajib untuk bersyukur.
  2. Memasuki ramadhan harus menyiapkan fisik dan mental. Secara fisik, kita dilarang untuk makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Perut diibaratkan seperti mesin. Ada saat jeda. Ada saatnya untuk istirahat, agar organ dalam tubuh menghentikan aktivitasnya untuk sementara, agar manusia sehat. Secara mental, banyak godaan disekeliling kita. Godaan itu untuk menguji iman.
  3. Mohon maaf kepada (terutama orang tua dan keluarga), agar masuk bulan ramadhan hati dalam keadaan suci

Sementara itu, untuk materi ataupun tausiah, disampaikan langsung kepada Ibu Emi Mustaqimah dan Bapak Zaki Afnan Salmadatu. Meskipun peribadatan dalam bulan Ramadhan telah disampaikan lewat materi pelajaran, namun sesungguhnya ada hal-hal teknis yang perlu disampaikan kepada siswa. Diingatkan, bahwa bulan ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu bagi seorang muslim. Karena disanalah, Allah menumpahkan segalanya. Disana ada ampunan dosa, ada tabungan untuk bekal di akhirat, yang nilainya sangat tinggi. Di bulan ramadhan pula Allah memberikan mukjizat berupa panduan hidup, yaitu diturunkannya al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *