kesiswaan

Manasik Haji

Sebanyak 110 siswa SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta, pada hari Selasa, 27 Februari 2024 telah melaksanakan kegiatan Manasik Haji yang bertempat di Sunggingan, Karanggeneng, Boyolali.

Kegiatan Manasik Haji ini telah dilangsungkan setiap tahun bagi siswa kelas IX. Selain memberi motivasi kepada siswa, agar memiliki niat melaksanakan rukun Islam yang ke-5, Manasik Haji ini sebagai implementasi dari Kurikulum Merdeka Belajar

Latihan manasik haji juga agar siswa dapat memahami rukun-rukun haji sejak dini. Kegiatan itu juga dimaksudkan mengingatkan kembali peristiwa dari nabi Ibrahim dan nabi Ismail yang perlu dijadikan suri tauladan atas sifat yang disiplin, bertanggung jawab, berakhlak mulia, dan penuh dengan kesabaran.

Kegiatan ini juga untuk pendidikan karakter bagi siswa. Karakter religiusnya dibangkitkan dengan mengenal bagaimana melaksanakan haji dan umroh. Perlu diketahui, bahwa tempat manasik haji yang demikian megah itu, dulunya merupakan pasar hewan. Oleh pemerintah setempat disulap menjadi area edukasi religius.

Manasik haji kali ini dibimbing langsung oleh Bapak Wasul Nuri, Bapak Zaki dan Ibu Emi Mustaqimah, yang merupakan guru Pendidikan Agama Islam. Teori harus dibuktikan dengan kegiatan nyata.

Setelah selesai acara manasik haji dilanjutkan dengan Achievement Motivation Training (AMT) yang diasuh oleh Kepala Sekolah, Bapak Erfin Sidyanto, S.IP. Ini materi AMT merupakan refleksi dari kegiatan sebelumnya yaitu manasik haji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *