sosbud

Rahasia Negara Arab

Di perpustakaan pribadi Pak Nono Anwar Makarim di bilangan Dharmawangsa Jakarta Selatan, saya ketiban rejeki nomplok. Ketemu buku sejarah penting dunia Arab yg terus bergolak. Judulnya Illution of Triump (asli dalam bahasa Inggris) karya Mohamad Haekal.

Sambil leyeh leyeh di ruangan yang sejuk dan full kue serta camilan, di samping kopi, saya baca  buku “Khayalan Kemenangan” tsb. dengan penuh semangat.

Seperti yang kuduga buku ini, yg ditulis oleh jurnalis senior Mesir, banyak memuat rahasia dunia Arab. Harap maklum Mohamad Haekal punya akses ke pusat pusat penguasa Arab juga punya koneksi dengan jurnalis internasional di negara Barat.

Beberapa catatan penting dari buku ini adalah sbb:

  1. Negara baru yang bernama Saudi Arabia didirikan oleh klan Ibnu Saud yang bernama Abdul Aziz Ibnu Saud. Dia bekerjasama dengan Muhammad Abdul Wahab seorang Syech kesohor saat itu sekaligus pendiri madzhab Wahabi. Itulah sebabnya sejak Abdul Aziz mendirikan negara baru bernama Saudi Arabia (maksudnya negara Arab di bawah kuasa klan Ibnu Saud) maka aliran Wahabi diangkat sebagai aliran Islam resmi negara tersebut. Negara baru ini melepaskan diri dari Khalifah Ustman Ottoman Turki dengan bantuan Kerajaan Inggris.
  2. Kuwait dulunya wilayah Irak yang dikuasai oleh preman preman. Kemudian memerdekakan diri dengan penguasa adalah para preman yang naik tahta menjadi Emir atau syech. Kemerdekaan Kuwait di bawah proteksi Kerajaan Inggris. Itulah sebabnya Irak , di bawah Presiden Saddam Husein, pernah menyerbu Kuwait guna mengembalikannya menjadi bagian dari Irak.
  3. Mengapa Kerajaan Inggris dan Amerika Serikat menempatkan Timur Tengah sebagai salah satu kepentingan nasional pertama mereka. Sebab mereka sudah lama menikmati harga minyak yang amat murah dari Timur Tengah. Dan mereka siap berperang bila kepentingan mereka diganggu.
  4. Mengapa negara Arab banyak meraup petrodollar dari minyak tapi nggak maju maju?

Karena sepertiga dari pendapatan minyak mereka habis untuk belanja alat perang yang dijual oleh Amerika dan Inggris. Selebihnya banyak yang lenyap di meja judi , gaya hidup mewah dll yg tidak menunjang kualitas hidup rakyat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *