News & Article

Kamis, 11 April 2019

PPL PPG Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa Yogyakarta

Kamis, 11 April 2019, SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta kedatangan tamu rombongan dari Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa Yogyakarta (UST). Rombongan yang dipimpin oleh Bapak Sri Widodo, M.Pd. dan Ibu Yuyun Yulia, Ph. D, bermaksud mengantar mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Matematika untuk melakukan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL).

Ke-8 Mahasiswa tersebut akan melakukan program latihan mengajar dihadapan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta selama tiga kali pertemuan. PPL kali ini berbeda dengan sebelumnya. Karena program yang ditawarkan oleh UST tercakup juga Program Pendidikan Profesi (PPG). Sehingga mahasiswa yang magang memang sudah bekerja di sekolahnya masing-masing.

Program Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan yang selanjutnya disebut Program PPG adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan  S-1 Kependidikan dan S-1 / D-IV Non Kependidikan agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan (Permendiknas No. 8 Tahun 2009 tentang PPG).

Tujuan PPG adalah : agar guru memiliki kemampuan mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, dan memiliki kemampuan mewujudkan tujuan bangsa, dan memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Secara khusus PPG bertujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, menilai pembelajaran, menindaklanjuti hasil penilaian, melakukan pembimbingan dan pelatihan peserta didik, serta melakukan penelitian, dan mampu mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan.

Ibu Yuyun Yulia, selaku penanggung jawab memberikan gambaran agar mahasiswa mampu mengembangkan keprofesionalannya, meskipun telah bekerja. Justru dengan adanya PPL ini, mahasiswa akan terbuka cakrawala wawasan setelah praktek di daerah lain. Rata-rata mahasiswa berasal dari Kebumen, Purbalingga dan Purwokerto.

Pendamping :

Ibu Yuyun Yulia, Ph. D. dan Bapak Sri Widodo, M. Pd.

Mahasiswa :

Muhammad Hilmi W, Nofianan Ika Rahmawati, Sri Rahayu, Wiwit Agus, Rifa Amalia Fauziyati, Nunik Ika Setyana, Sri Haryuningsih, Sulistianingsih.

Pembimbing Lapangan :

Ibu Dra. Rini Diah Herawati, M.Pd, AMK Affandi dan Riyaningsi, S.Pd.

Share This Post: