News & Article

Selasa, 02 April 2019

Evaluasi ICT

Evaluasi sangat penting bagi berjalannya suatu program, baik itu program pendidikan, pembelajaran, atau pun pelatihan. Biasanya tujuan dari diadakannya evaluasi ialah untuk mengetahui apakah program yang sudah dijalankan seperti program-program tersebut di atas, tersampaikan kepada peserta dengan baik, atau sesuai dengan target/tujuan dari program tersebut, ataukah belum sama sekali.

Dengan mengevaluasi pembelajaran di akhir, maka seorang tenaga pendidik dapat menarik banyak sekali kesimpulan penting terutama terkait dengan perkembangan-perkembangan yang bisa dilihat dari seorang peserta didik.

Perencanaan pembelajaran yang akan datang merupakan salah satu fungsi utama diadakannya evaluasi pembelajaran. Dengan mengetahui kelemahan dan kelebihan dari proses pembelajaran yang telah dilakukan maka seorang tenaga pendidik dapat merencanakan pembelajaran yang lebih baik seperti metode, strategi pendidikan dan lain sebagainya.

Akhir Maret 2019, Guru SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta mengadakan evaluasi pelaksanaan persiapan kelas ICT yang meliputi konten (materi) dan soal-soal pada materi pelajaran. Program yang dipandu langsung oleh Bapak DR. Joko Susilo, seorang staff pengajar di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, bukan hanya melakukan penilaian akhir. Namun juga pembimbingan sejak program kelas ICT diluncurkan.

Tidak terlalu susah untuk menjalankan program yang telah dibuat oleh Bapak dan Ibu guru sendiri. Pasalnya, IT sekarang sudah seperti nafas. IT digunakan setiap saat. Ini sangat menunjang kesuksesan dalam mencapai target.

Hasil yang hendak diperoleh dengan melaksanakan evaluasi adalah : digunakan untuk mengukur pencapaian keberhasilannya dalam mengikuti pelajaran yang telah diberikan oleh mentor. Jika peserta memperoleh hasil yang memuaskan, tentunya kepuasan ini ingin diperolehnya kembali pada waktu yang akan datang. Untuk ini peserta akan termotivasi untuk belajar lebih giat agar perolehannya sama bahkan meningkat pada masa yang akan datang.

Share This Post: