News & Article

Senin, 12 November 2018

Akreditasi 2018

Untuk kesekian kalinya, SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta mengikuti akreditasi Sekolah sebagai sebuah perwujudan untuk melaksanakan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB XVI Bagian Kedua Pasal 60 tentang Akreditasi. Penilaian ini dikelola langsung oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) dengan Peraturan Mendiknas Nomor 29 Tahun 2005. BAN-S/M adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program atau satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar  nasional pendidikan.

Sebuah sekolah akan bermutu jika terdapat pengakuan dan penilaian dari beberapa pihak yang berwenang. Unsur masyarakat tentu jangan diabaikan. Karena masyarakatlah yang menilai bagus tidaknya, bermanfaat ataupun malah membawa madharat sebuah institusi yang bernama sekolah membawa dampak langsung kepada masyarakat. Namun sebagai sebuah lembaga pendidikan, ada kriteria yang harus dipenuhi. Ada indikator yang terkait dengan pengadaan, pengelolaan, evaluasi selama proses pendidikan berlangsung. Adapun penilaian terhadap sekolah berupa :

Kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Dan, kegiatan penilaian kelayakan dan kinerja suatu sekolah berdasarkan kriteria (standar) yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS) yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat kelayakan sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional 087/U/2002.

Tujuan akreditasi sekolah yaitu : memperolah gambaran kinerja sekolah sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu; dan menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan. Tujuan akreditasi tersebut berarti bahwa hasil akreditasi itu:

Sebuah kegiatan, setelah menetapkan tujuan pasti akan menuai manfaat yang akan diperoleh, dan membawa dampak kepada masyarakat agar dalam melakukan kehidupan ini lebih efektif, efisien dan meningkatkan taraf hidup serta berbudaya. Adapun manfaat yang bisa dipetik dalam akreditasi Antara lain : pertama, agar sekolah berusaha meningkatkan mutu dan rencana pengembangan sekolah.

Kedua, sebagai umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program kerja. Ketiga, untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat, maupun sektor swasta dalam profesionalisme, moral, tenaga, dan dana.

Hari ini dan besok, Senin – selasa, 12 – 13 November 2018 SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta akan mewujudkan impian sebagai sebuah lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Muhammadiyah, untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Sebagai sebuah institusi, SMP Muhammadiyah senantiasa menjunjung tinggi tujuan pendidikan nasional sebagai salah satu sarana terciptanya bangsa yang tinggi dan berbudaya.

Kesempatan kali ini, bertindak sebagai Assesor Bapak Dwi Suyamto, S. Pd, M. Sn. Dan Ibu Kalimah, S. Ag. M.A. Semoga beliau diberi kesehatan dan limpahan rahmat dan hidayah dari Allah SWT dalam menjalankan tugasnya.

Share This Post: