News & Article

Minggu, 11 November 2018

OUT DOOR

Sekolah, tidak hanya berada di dalam kelas. Pemberian materi pelajaran tak hanya disampaikan lewat ruang kelas. Ada banyak media yang bisa ditularkan kepada anak didik dalam berbagai keadaan dan suasana. Pembelajaran yang baik, manakala antara guru dan siswa terjadi dalam keadaan senang, gembira, tanpa paksaan.  

Mendorong motivasi belajar siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan settingan alam terbuka sebagai sarana kelas. Mengapa harus alam terbuka? Supaya tidak jenuh berada di kelas. Kedua, memberikan dukungan proses pembelajaran secara menyeluruh yang dapat menambah aspek kegembiraan dan kesenangan. Guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan karena dapat berekspolarasi menciptakan suasana belajar seperti bermain.

Pada pembelajaran di luar kelas siswa menggunakan media pembelajaran yang kongkrit dan memahami lingkungan yang ada disekitarnya. Pada saat pembelajaran digunakan media yang sesuai dengan situasi kenyataannya.

Alasan lain, mengasah aktivitas fisik dan kreativitas siswa karena menggunakan strategi belajar sambil melakukan atau mempraktekan sesuai dengan penugasan. Selain memiliki kelebihan, pendekatan di luar kelas sebagai pendekatan pembelajaran juga memiliki kelemahan. Belajar memang membutuhkan energi. Anak usia SMP juga masih banyak pergerakan.

SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta, telah melaksanakan kegiatan pembelajaran out door pada hari : Kamis, 1 November 2018 dengan tujuan : Plasma Nuftah, Pabrik Gula Madukismo dan Kerajinan Kasongan.

Diharapkan setelah usai kegiatan ini, siswa mampu menyerap segala ilmu yang diperoleh di tiga tempat tersebut dan menambah wawasan. Kelak, apabila sudah saatnya mendarma baktikan ilmunya, tidak akan lagi bingung mencari pekerjaan. Namun justru menciptakan lapangan kerja.

Share This Post: